SOUTH KOREA TRIP (7D5N): DAY I AIRPORT, NAMSAN TOWER, MYEONGDONG
(OCTOBER 2016)

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam di dalam pesawat, akhirnya kami landing dengan selamat di Bandara Incheon. Perasaan yang kami rasakan jelas senang bercampur panic karena mengingat bahwa kami adalah traveler yang sangat awam dan langsung pergi traveling cukup jauh ke Korea Selatan.
Horayy, sampai di Korea Selatan !!
            Sesampainya di Incheon, kamipun langsung dihampiri beberapa orang tanpa seragam yang menawarkan taksi. Tapi karena kami sudah banyak membaca blog dan mencari info sana-sini jadinya kami tidak memilih taksi untuk transportasi kami selama di Seoul. Kenapa? Karena rate taksi disana terkenal sangat mahal yang nggak bersahabat untuk budget traveler seperti kami, selain itu banyak review menyarankan untuk naik subway atau bus yang terlihat aman dan nyaman dan nggak bikin kantong bolong. Hehe
            Hal pertama yang kami lakukan setelah keluar dari pintu kedatangan yaitu beli T-money. Kartu ini sangat disarankan untuk kalian beli, apalagi jika kalian traveling di KorSel selama lebih dari 2 hari. Kartu T-money ini sangat multifungsi, selain untuk pembayar naik subway atau berbagai transportasi lain, bisa digunakan untuk belanja ditempat tertentu dan membeli tiket di Everland. T-money ini banyak dijual di minimarket disekitar Seoul, kebetulan kami beli T-money di C-U yang letaknya nggak jauh dari pintu kedatangan Incheon. Cerita tentang drama beli tiket everland dan penyelamatnya adalah T-money ada di postingan selanjutnya.
            Setelah dapet T-money, kami langsung menuju guesthouse tempat kami menginap yang berada di daerah Myeongdong. Kami memutuskan untuk naik airport bus karena mengingat barang bawaan kami yang cukup banyak yaitu satu koper besar punya kakakku dan satu koper kecil punyaku. Jadi kami merasa terlalu repot dan nggak sabar kalau harus naik turun tangga dan ganti subway dengan membawa koper yang cukup berat itu.
            Kami menuju ke tempat pemesanan tiket dan membeli one way ticket bus tujuan myeongdong untuk 2 orang. Nomor bus untuk tujuan myeongdong adalah bus 6015. Nggak lama kami menunggu ditempat pemberhentian bus, bus kamipun akhirnya datang yeaaay!. Semua barang bawaan kami dimasukan ke dalam bagasi oleh petugas dengan sangat cekatan (orang korea bekerja dengan sangat cepat). Kami masuk kedalam bus, dan petugas mengingatkan untuk pakai sabuk pengaman. Ya, Korea Selatan memang selalu disiplin, kalau di Indonesia sepertinya belum mengharuskan memakai sabuk pengaman untuk penumpang. Perjalanan dari Incheon menuju ke Myeongdong cukup lama, sekitar 30-45 menit. Dan Myeongdong adalah pemberhentian terakhir jadi saya memilih tidur selama perjalanan untuk memulihkan tenaga hehe. Akhirnya sampai depan di Myeongdong station, dan kami menuju guesthouse yang letaknya tak jauh darisitu. Kemudian sampai di Namsan guesthouse untuk check in, mandi dan memulai perjalanan traveling kami.
Lokasi pertama yang kami tuju yaitu Namsan Tower yang letaknya tak jauh dari guesthouse kami, menurut host guesthouse kami bahwa namsan tower lebih  baik di kunjungi saat malam hari karena akan dihiasi banyak lampu dan bisa melihat gemerlapnya kota seoul di malam hari. Tapi karena kami sudah tidak sabar, jadinya kami langsung menuju ke Namsan tower dengan jalan kaki dan jalannya sedikit menanjak huhu.
Setelah sampai, ternyata kami tetap harus naik cable car untuk menuju Namsan tower. Kamipun membeli tiket dan menunggu giliran kami naik cable car. Antriannya cukup panjang jadi kami memilih untuk beristirahat sejenak di tempat ini, sebelum melanjutkan mengantri.
Lokasi pembelian tiket dan naik cable car
Beristirahat sebelum naik cable car

Giliran kamipun datang, kami naik cable car sekitar 10-15 menit. Saya merasa tidak cukup nyaman dan tidak puas menikmati pemandangan saat berada di cable car karena disana sangat penuh sesak dan harus berdesak-desakan dengan wisatawan lain. Tapi kekecewaan itu rasanya terobati, karena pemandangan di Namsan Tower memang indah. Saya paling suka dengan Love lock nya, warna-warni dan super cute. Orang KorSel memang sangat pintar dalam memoles tempat menjadi sangat menarik. Rasanya saya nggak menyesal datang kesini.
Beberapa spot menarik di Namsan Tower area

Setelah puas mengabadikan gambar di Namsan tower, kamipun turun dengan cable car lagi dan melanjutkan perjalanan di Myeongdong. Myeongdong merupakan salah satu tempat untuk shopping favorit wisatawan maupun warga lokal. Karena ditempat itu memang sangat lengkap. Terutama untuk yang suka shopping kosmetik, ini adalah surganya menurut saya. Dan untuk pecinta street food, tempat ini juga sangat recommended. Banyak sekali jajanan enak disini yang pantes untuk dicoba. Karena penginapan saya sangat dekat dari lokasi ini, hampir setiap hari saya mampir ketempat ini hanya sekedar untuk mencari cemilan malam sebelum pulang ke penginapan. Atau membeli titipan kosmetik dari teman-teman dan kerabat. Oiya satu lagi yang istimewa, harga kosmetik disini sebenarnya tidak jauh berbeda dari olshop-olshop di Indonesia tapiiii banyak banget promo saat saya berwisata disana. Dari yang potongan 50% ataupun buy 1 get 1 free dan bertebarannya produk sample yang diberikan. Selamat berlibur 💕