Keribetan Freelancer Ngurus Visa Korea Selatan


Setelah perjuangan dapet promo tiket murah bulan Maret di GATF 2016 berakhir, muncul lagi nih keribetan baru yaitu ngurus VISA. Ya memang sih ngurus visa itu gampang-gampang susah gitu. Awalnya rencanaku itu mau ngurus visa sendiri untuk hemat biaya, tapi karena ini pertama kalinya aku liburan ke luar negeri dan masih awam banget soal visa-visa itu. Akhirnya aku mutusin buat cari travel agent yang bisa bantuin urus visa ini. Setelah cari info sana-sini, aku telfon salah satu travel agent besar di Solo ini yang menurutku cukup meyakinkan.
 Travel agent itu langsung ngasih beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi untuk ngurus visa Korea Selatan, yang kurang lebih sama dengan yang ada di website Kedutuaan Besar Korea Selatan sebagai berikut:
  1.  Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  2.   Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto
  3.   Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  4. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  5.  Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  6.   Fotokopi Bukti Keuangan:
a.       Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) 
b.      Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank    
  • Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
  • Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
  • Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
  • Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

Setalah melihat persyaratan untuk Visa-nya, aku langsung tertuju pada poin ke-3 dan ke-4. Yang mana keadaanku saat mau bikin visa itu bukan lagi seorang mahasiswa karena baru banget dinyatakan lulus kuliah (kartu mahasiswa udah ditarik) dan nggak juga sebagai pekerja kantoran. Kepanikan itupun dimulai, tapi aku tetap berusaha buat ngelengkapin beberapa syarat lain yang memang memungkinkan. Setelah sekitar satu minggu, aku kumpulin persyaratanku ke travel agent untuk di cek. Dan bener aja, mereka langsung notice banyak kekurangan karena nggak ada SIUP dan yang memperparah itu pasporku masih kosong mlompong. Mereka bilang tetap bisa membantu mengajukan visanya tapi dengan kemungkinan di tolak 70% dan harapan approved sangat kecil, karena mereka belum pernah ngurus kejadian seperti aku ini. HUHU. Panik banget waktu itu, tapi karena terlanjur beli tiket jadinya aku tetep nekat dan ngotot minta diuruskan.
     Sekitar satu minggu berlalu, aku dipanggil lagi sama travel agentnya untuk melengkapi persyaratan tambahan seperti surat kerja orang tua, surat sponsor dari orang tua dan rekening koran orang tua. Langsung dengan sigap aku lengkapin itu semua dan aku kumpulin di hari yang sama. Dan waktu ngumpulin aku sedikit curcol sama mbak travel agentnya kalo aku punya online shop gitu untuk penghasilan tambahanku. Trus si mbaknya yang baik ini ngasih ide buat bikin surat keterangan tentang olshopku itu dan dia saranin untuk kasih bukti hangtag, label sampai foto produknya karena olshopku belum punya SIUP sendiri, lalu demi kelancaran visa jadi aku okein semua syaratnya. Buat freelancer atau yang mau contoh Surat keterangan kepemilikan olshop yang aku buat, silakan tinggalin komen di bawah ya.
Singkat cerita, berminggu-minggu setelah aku lengkapin syarat tambahannya dan digantung tanpa kabar tentang visa itu. Akhirnya aku di sms nih sama mbak travel agentnya, tapi mau buka deg-degan banget deh asli kayak buka amplop kelulusan rasanya. Rasanya udah pasrah, tapi bahagianya visa korea selatan ku APPROVED ! AAAA 
Ini dia penampakan Visa pertamaku  💕💕
Oiya untuk pembuatan visa korea kalo urus sendiri ke kantor kedutaan korea selatan di Jakarta sekitar Rp 544.000,- tapi karena aku pakai travel agent jadi biaya yang aku keluarin untuk ngurus visa ini sedikit lebih mahal sekitar Rp 700.000,-. Dan buat aku yang tinggal dan menetap di Solo (jauh dari Jakarta), kayaknya ngurus visa dengan travel agent adalah pilihan yang tepat. Selain menghemat waktu dan tenaga, mereka lebih berpengalaman dalam mengurus dokumen visa. Buat kalian yang lagi ada rencana mau ke Korea Selatan atau ngurus visa, selamat beribet-ribet ria dengan segala dokumennya. GOOD LUCK ! 💋💋



Comments

  1. Kaak aku boleh minta surat keterangan kepemilikan olshopnya gak kaak? Kalau bisa ke email aku hehe nopidh@gmail.com. terimakasih banyaak kaaak...

    ReplyDelete
  2. Kak mau nanya dong kalo reseller product misal ya oriflame bisa minta surat keterangan dari kantor oriflamenya gitu ya?? Btw aku mau juga dong contoh surat keterangan kepemilikan olshop kakak. Email anditaadm@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, klo misal oriflame bisa ngeluarin surat keterangan pasti lebih bagus dan meyakinkan, ok Nanti aku Kirim lewat email ya ^^

      Delete
  3. Hi mba.. .Boleh minta surat kepemilikan online shopnya? Kalau boleh bisa email aku yahh di dinadins92@gmail.com thank you

    ReplyDelete
  4. Hai.. boleh minta tolong email contoh surat ke pipitsantoso1994@gmail.com terimakasiih

    ReplyDelete
  5. Hi dear. Bolehkah email contoh surat2 nya yg digunakan untuk apply visa korea? Emailku : silviasusanting@gmail.com . Thankyou :)

    ReplyDelete
  6. hai ka boleh minta surat keterangan kepemilikan olshopnya?email biamarisak@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo kak, bisa minta surat keterangan kepemilikan olshopnya kah? mau coba apply minggu depan soalnya. thank you so much in advance ^^ (formygalaxies@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. Hi sis bisa tlg email surat keterangan kepemilikan olshop seperti apa? Thank you ya. Email : erliani.sutejo@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Halo bisa minta tolong juga dikirim surat keterangan kepemilikan olshopnya? please aku jg butuh banget nih...udh beli tiket pp hotel dll, tinggal visa aja... email : linaputeri93@gmail.com makasihh

    ReplyDelete
  10. boleh minta contoh suratnya? email ke : alin.riz08@gmail.com ya makasih

    ReplyDelete
  11. Kak, aku mau juga dong contoh surat keterangan kepemilikan olshop kakak. Email d4villa@gmail.com makasih banyaaakk

    ReplyDelete
  12. Aku juga mau yaa contoh surat keterangan olshopnya, email keshymeida@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Hai la , boleh minta surat ketwterangan os nya🙏tq
    Email : lisanliecassiopeia@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Mao tanya lagi ka , berarti waktu apply visa korea nya gk ada SIUP ya ?!
    Soalny aq jg bantu di toko , tapi gk ada siup tempt bekerja , jadi ap cuma bikin surat keterangn kerja aja , dan gk ada siup .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai surat keterangan kerja, klo bisa disertai NPWP kalo punya

      Delete
  15. Makasih untuk info2nya mba.. Maaf mba saya juga mau minta yaaa contoh suratnya Email: stopbullynowww@gmail.com .. Makasih banyak mbaaa..

    ReplyDelete
  16. Kak bisa minta contoh surat kepemilikan olshopnya juga nggak ? Pliis kak butuh banget. Ini emailku kak syamsiahsyams2105@gmail.com. Makasih kak^^

    ReplyDelete
  17. Kak boleh minta contoh surat suratnya? Makasih ..

    ReplyDelete
  18. Kak boleh minta contoh surat suratnya? Makasih
    aguzetiawan86@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Kak aku boleh minta surat keterangan kepemilikan olshopnya gak ? Kalau bisa tolong kirim ke email aku ya hehe evaokilia@hotmail.com Terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  20. Kak bisa mnt surat keterangan online shop nya... mnt tlng d kirim ke herrywibowo808@gmail.com
    Tq y kak

    ReplyDelete
  21. Hai mbak boleh minta contoh keterangan surat di email ranggraenikusuma@gmail.com

    ReplyDelete
  22. ㅏㅁ minta contoh surat keterangan kerja pemilik olshop dong ka
    Kirim ke email ku ya
    Rosecialita@gmail.com
    Makasih ka

    ReplyDelete
  23. kak bisa minta surat keterangan olshopnya kah? kirim ke shafirasyauqi@gmail.com ya. terima kasih

    ReplyDelete
  24. halo kak, aku juga mau dong dikirimin contoh surat keterangan kepemilikan olshopnya.. bisa dikirim ke email biebernovi132004@gmail.com ,trims. .

    ReplyDelete
  25. boleh minta surat keterangan kepemilikan olshopnya ? frncn94@gmail.com , Thank you.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts